Kembang Telon – Kota Banjar secara admistratif masih terbilang belia. Banjar atau lebih dikenal dengan Banjar Patroman ini merupakan Gerban...

Foto Kota Banjar Patroman Tempo Dulu [EKSKLUSIVE]

Kembang Telon – Kota Banjar secara admistratif masih terbilang belia. Banjar atau lebih dikenal dengan Banjar Patroman ini merupakan Gerbang Tatar Sunda di ujung Timur yang berbatasan langsung dengan cilacap, Jawa Tengah. Meski masih terbilang secara belia dalam administratif dan pemerintahan, sejatinya kota kecil ini sudah sangat berperan dalam sejarah Sunda .

Mengutip dari lasonearth.wordpress.com, menurut kamus Bahasa Kawi-Indonesia, banjar = lingkungan, baris > ber-banjar = berbaris rapih arah ke belakang.

Menurut kamus Istilah Karawitan Sunda, banjar = berurutan dengan teratur > banjar nada = tinggi-rendahnya nada yang berurutan dengan teratur.

Menurut kamus Basa Sunda, banjar = barang, pakarangan.

Dengan memaknai baik secara kosa kata (etimologi) maupun perlambangan (heurmanetika), ternyata kata Banjar mengandung makna yang sangat positif, yaitu “tempat yang lingkungannya tertata rapi dari sejak dayeuh sampai ke pelosoknya”.

Nama lain untuk kota Banjar pada masa yang lampau adalah Banjar Patroman. Menurut kajian etimologi, patroman berasal dari kata pataruman < pa-tarum-an = tarum adalah sejenis pohon perdu yang tumbuh di tepi sungai (Sungai Citarum), daunnya digunakan untuk bahan pencelup kain supaya berwarna biru tua (indigo).

Bila diartikan demikian apakah secara fisik di kota Banjar dahulu pernah ada tempat mencelup kain dengan menggunakan daun tarum (Pataruman > patroman). Hal ini perlu ditelusuri keberadaannya. Seandainya bisa dikaji oleh para ahli, berkemungkinan nanti di sekitar kota Banjar akan menjadi salah satu sentra “industri kain” dengan warna-warna khas “banjar-patromanan (gradasi warna hijau sampai biru tua, hejo tarum)”, bukankah Ciamis/Galuh pernah terkenal dengan batik khas Ciamisan yang pernah berjaya pada masanya. 


Nah, berikut di bawah ini ada beberapa foto yang saya dapatkan dari koleksi museum Leiden, Belanda  dalam situs resminya. Bagi Anda yang berminat pada gambar atau foto tersebut dalam format aslinya, silahkan hubungi admin (saya). Kontak di sini


Sepertinya bapak ini pengurus perkebunan karet (14-04-1948)




Foto dalam satu rangaki ini diambil tahun 1948

Ini serupa Tempat Karaoke keluarga 1949

Delman sedang melintas di jembatan Banjar 1948

Ini anggota DPRD Banjar kalau sekarang 1926-01-01 - 1929-05-14

Gedung Bioskop baheula 1948



Cewek pribumi pose di stasiun Banjar 1948

Jalan Kota Banjar tahun 1920an

Jalur Ciamis - Cirebon tahun 1920an

Kerera Uap trayek Ciamis - Banjar tahun 1920an

Nelayan Pangandaran tahun 1920an

Pabrik Meloewoeng ,Tjikentjreng 1948


Pembangunan jembatan (atas) dan terowongan kereta api jalur Ciamis - Banjar 1948

Tahun 1920an

Perekebunan Maloewoeng, Cikencreng 1948

Raden Iskandar dan keluarga 1948

Salah satu rumah di Banjar 1920

Tangsi Belanda 1948

Stasiun Banjar 1920an

Stasiun Bodjong 1820an

Ujicoba rel baru di stasiun Banjar 1948

0 Comments: